Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa di Era Kurikulum Merdeka

Authors

  • I Gede Purwana Edi Saputra Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.92

Keywords:

Media pembejaran, fisika, lectora inspire, hasil belajar, kurikulum merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika yang valid, praktis dan efektif menggunakan aplikasi Lectora Inspire sebagai upaya meningkatkan hasil belajar fisika siswa di era implementasi Kurikulum Merdeka saat ini. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wundulako dengan mengunakan pendekatan pre-test and post-test untuk melihat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan media yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yakni kevalidan media pada aspek konstruk sebesar 0,86 dan aspek isi sebesar 0,83 yang berarti bahwa media yang dikembangkan memiliki validitas yang tinggi. Keefektifan media diperoleh hasil dari peningkatan hasil belajar sebesar 0,68 yang berarti bahwa media pembelajaran fisika yang dikembangkan menggunakan Lectora Inspire efektif untuk digunakan. Sedangkan untuk kepraktisan media diperoleh dari hasil analisis respons siswa terhadap media yang dikembangkan yakni sebesar 77,29% dan analisis respons guru sebesar 74,45% yang berarti bahwa media praktis untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrida, J., Nisa, A.. (2023). Desain Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire pada Materi Fluida Statis Tingkat SMA/MA. Journal.Desultanah.ComJ Afrida, AW Nisa, SF Alaidindesultanah-Journal Education and Social Science. 1(2), 22–45. Retrieved from https://journal.desultanah.com/index.php/desultanah/article/view/13

Ahmad Syawaluddin, S., Makkasau, A., & Fitrayani Jamal, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 294–306. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/19055

Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419

Alfiati, N., & Suharyanto, S. (2016). Development of Physics Self Learning Media Using Lectora Inspire in The Static Fluid Lesson for High School Students X Grade. Jurnal Pendidikan Fisika. journal.Student.Uny.Ac.Id, 5(1), 63–72. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view/247

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Astutik, M., & Rusimamto, P. (2016). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan software Lectora Inspire untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 5(1), 107–114. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230726736.pdf

Dahlia, D., Rianto, S., & Yuherman, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 1 Padang Sago. Jambura Geo Education Journal, 3(2), 106–113. https://doi.org/10.34312/JGEJ.V3I2.16098

Etikamurni, D., Istyowati, A., & Ayu, H. D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning - Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(2). https://doi.org/10.21067/JTST.V5I2.8904

Fajri, Z. (2023). Development of Interactive Digital Books Based on Lectora Inspire for Indonesian Language Classes. Proceeding of International Conference on Education and Society. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/5692

Faradilah, J. C., Karno, M., Yani, M. T., Roro, R., Setyowati, N., & Karno1, M. (2023). Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.4, 313–324. Retrieved from https://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/ article/view/261

Gunawan, A., & Sihombing, J. (2023). Perbedaan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Yang Dibelajarkan Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Lectora Inspire. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora. 2(3). Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/438

Hima, L. R., & Samidjo. (2019). Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding of Biology Education, 3(1), 134–139. https://doi.org/10.21009/PBE.3-1.16

Juliani, R., and, S. E.-J. J. of E. I., & 2023, undefined. (2023). Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis dalam Konteks Sekolah Menengah. JEID: Journal of Educational Integration and Development. 3(3), 2023. Retrieved from https://www.embada.com/index.php/jeid/article/view/313

Kurniawan, A., & Maftukhin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakansoftwarelectora Inspire untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 (Vol. 10, Issue 1).

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/JPAI.V17I1.26515

Nurjumiati, N., Yulianci, S., Hidayatullah, P., Suryaningsih, S., & Fuadi, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inpire untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD. Science Education and Development Journal Archives, 1(2), 77–81. https://doi.org/10.59923/SENDJA.V1I2.58

Pohan, L. H., Simbolon, N., Karo-Karo, D., Ananda, L. J., Pandimun Ambarita, Dody F, Liza, A., & Pohan, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Lectora Inspire Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas V SDN 016529 BP. Jurnalistiqomah.OrgLH Pohan, N Simbolon, D Karo-Karo, LJ Ananda, DFP AmbaritaJurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). 1(1), 78–97. Retrieved from http://jurnalistiqomah.org/index.php/jppi/article/view/127

Putri, I. A., Siswoyo, S., & Indrasari, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 71–78. https://doi.org/10.21009/1.02210

Rethusa, V., Lusa, H., & Hasnawati, H. (2020). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 391–401. https://doi.org/10.33369/JURIDIKDAS.3.3.391-401

Retnawati, H. (2016). Proving content validity of self-regulated learning scale (The comparison of Aiken index and expanded Gregory index). REiD (Research and Evaluation in Education). 2(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/reid.v2i2.11029

Ristiani, S., Triwoelandari, R., & Yono, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jbasic.OrgSM Ristiani, R Triwoelandari, Y YonoJurnal Basicedu. 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.613

Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Design research and development 4D model for developing mathematics teaching materials. The First International Conference on Education ICONLEE. 1(1), 288–291.

Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019a). Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317

Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019b). Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317

Siskawati, F., & Chandra, F. (2021). Pengembangan Bajagi Berbantuan Lectora di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian. 1(1), 978–623. Retrieved from http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/147

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V2I1.86

Yoto, Y., & Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211–219. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/267823066.pdf

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Saputra, I. G. P. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 229–239. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.92