Pengembangan Media Pembelajaran E-Poster Berbasis Web Berbantuan Twibbon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lurus di SMA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.93Keywords:
Pengembangan media pembelajaran, e-poster berbasis web, twibbon, minat belajar, gerak lurusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan e-poster berbasis web berbantuan twibbon berdampak pada materi gerak lurus di kelas X IPA dan IPS SMA. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE digunakan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh terdiri dari hasil observasi dilapangan, wawancara, dokumentasi, dan analisis deskriptif kulitatif. Studi ini melibatkan 22 siswa dari kelas X SMA Bustanul Mubtadiin Pamekasan. Rekomendasi berikut diterima: (1) e-poster berbasis web berbantuan twibbon harus dapat digunakan secara mandiri maupun berkelompok, dan (2) harus dilengkapi dengan LKS agar siswa lebih memahami materi fisik. (3) desain layout dan proses editing yang lebih inovatif harus dipertimbangkan untuk pengembangan lebih lanjut. Penggunaan media pembelajaran e-poster berbasis web berbantuan twibbon untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA karena siswa lebih paham konsep fisika yang sedang dipelajari, pada akhirnya mampu memecahkan suatu permasalahan yang berhubungan dengan fisika.
Downloads
References
Ady, W. N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 104. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599
Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910
Afrizal, D., Kusniawan, W., Tartiburrohman, F., Fajrul, M., Munauwarah, R., Setiawan, F., & Dahlan, U. A. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Perkembangan Dan Peningkatan Profesional Profesi Guru. 3.
Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2021). The Effect of e-Learning Based on Problem Based Learning (PBL) on the Learning Outcomes of Inferential Statistics in the Educational Technology Department: 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210715.016
Agustini, S., Arsyad, M., & Yani, A. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Lab Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Marioriwawo.
Asiska, A. D. W., Mahardika, I. K., & Bektiarso, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Gambar Dan Matematis Materi Gerak Lurus Pada Siswa SMA Di Bondowoso. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 10(3), 90. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i3.25324
Aspahani, E. L., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Rancangan Media E-Poster Berbasis Website Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 158–167. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25458
Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i2.19366
Busyairi, A., & Zuhdi, M. (2020). Profil Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Ditinjau Dari Berbagai Representasi Pada Materi Gerak Lurus Dan Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 90–98. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1683
Diraya, I., & Umamah, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Berbantuan Platform Wix Pada Materi Gelombang untuk Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 347. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5321
Erlangga, S. Y., & Susanti, S. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 312–316. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.914
Idayatun, S., Iswanto, B. H., & Wibowo, F. C. (2022). Media Pembelajaran E-Poster Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Suhu Dan Kalor.
Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 406. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38502
Metha Rozhana, K., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1355
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589
Muzakki, A., Ramadhanti, I. N., Alifiyan, I. N., & Ayu, T. S. (2022). Kajian Model Pembelajaran Fisika SMA pada Topik Kinematika Gerak Lurus. 1.
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di SDN Sarakan II Tangerang. 3.
Putri, N. K., Yuberti, Y., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites materi hukum Newton pada gerak benda. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 133–143. https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.1033
Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.11-18
Saparuddin, Ulan Sari Patongai, D. D. P., Kahfiah, S., & Pratiwi, E. A. (2022). Penggunaan E-Modul Berbasis Discovery Learning Melalui Pendekatan Lesson Study Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Biotek, 10(1), 117–130. https://doi.org/10.24252/jb.v10i1.28982
Shabrina, A., & Diani, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course dengan Model Inkuiri Terbimbing. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 9–26. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3922
Sulur, Munfaridah, N., & Agustin, E. (2023). E-Module Gerak Lurus: Peluang Pengembangan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Bernalar. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 7(2), 82–92. https://doi.org/10.30599/jipfri.v7i2.2735
Syamsuddin, N. (2021). Model-Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. 10(3).
Toda, S. Y. G., Harso, A., & Astro, R. B. (2021). Pengembangan Mobile Learning Sebagai Sumber Belajar Fisika Pada Materi Gerak Lurus Untuk Siswa Kelas X. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 124. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4387
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fahrohah, Ach Muzammil, Suwoko, Herman Jufri Andi, Tria Pravitasari, Mohammad Cipto Alim, Chairatul Umamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.