Penerapan Model Quantum Learning Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Materi Tekanan

Authors

  • Yunita Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muhammad Anas Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muhammad Yuris Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.95

Keywords:

Model quantum learning, media simulasi phet, hasil belajar, tekanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar  peserta didik kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kendari dengan  menerapkan model pembelajaran quantum learning berbantuan simulasi PhET pada materi Tekanan, (2) mengetahui ketuntasan belajar peserta didik kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kendari dengan menerapkan model pembelajaran quantum learning berbantuan simulasi PhET pada materi Tekanan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Skripsi penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 4 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning berbantuan simulasi PhET dimana pada siklus I diperoleh skor mulai dari 50 sampai 80 dengan skor rata-rata sebesar 73,05, pada siklus II diperoleh skor mulai dari 60 sampai 90 dengan skor rata-rata sebesar 80,56, (2) hasil belajar peserta didik kelas VIIID dapat ditingkatkan melalui model  pembelajaran quantum learning berbantuan simulasi PhET pada materi Tekanan. Hal ini ditunjukkan oleh skor yang diperoleh setiap individu maupun secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II; dimana pada siklus I, persentase peserta didik yang sudah tuntas sebesar 55,56% dan pada siklus II, persentase peserta didik yang sudah tuntas sebesar 80,56.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, A., Setiawati, S., & Christine, S. E. (2023). Pendampingan Pelatihan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Tenaga Pendidik. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 259-268. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2666

Anggriani, S., & Wahyuni, I. (2019). Pengaruh Model Quamtum Teaching Berbantuan Media Phet Terhadap Kelas Xi Di Sma Swasta Dharmawangsa Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 5(1), 4.

Faizal, M., & Herawati, L. (2022). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Iv Sdn Rawalele Dawuan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 2287-2299.

Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan fungsi guru dalam proses pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265-276.

Herfinayanti, H., Amin, B. D., & Azis, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 61-74. https://doi.org/10.26618/jpf.v5i1.342

Indrayani, K. A. A., Pujani, N. M., & Devi, N. P. L. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 1-11.

Katminingsih. (2012). Mengenal Revisi Taksonomi Bloom oleh Anderson dan Krathwohl.tersedia pada: filemengenal-revisi-taksonomibloom-oleh.html.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523

Khotimah, U. K., Ariani, T., & Gumay, O. P. U. (2018). Efektivitas model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar fisika siswa SMA negeri Jayaloka. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 103-110. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.255

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 33-39.

Mediawadi, K. D., & Trimawan, I. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Quantum Teaching. Journal for Lesson and Learning Studies. 4(1), 88-95. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.35262

Moedjiono, & Moh. Dimyati. (1994). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Nurfadilah, K., & Nurachadijat, K. (2023). Peran Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di MA AL-Istiqomah Kota Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 22-28. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i1.243

Puskur. (2006). Buram panduan pengembangan pembelajaran IPA Terpadu. Http://www.puskur.net.

Sunandar, R., Rusli, M. A., & Saenab, S. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 3 Dua Pitue Kalosi. Jurnal IPA Terpadu, 6(1), 102-108.

Tahir, N., Usman, U., Buhaerah, B., & Jumrah, J. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82. https://doi.org/10.58917/aijes.v2i1.37

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Yunita, Anas, M., & Yuris, M. (2023). Penerapan Model Quantum Learning Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Materi Tekanan. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 256–261. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.95