Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pokok Gerak Parabola Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Phet Simulations

Authors

  • Muhamad Rizky Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Maronta Galib Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Amiruddin Takda Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.96

Keywords:

LKPD, Model pembelajaran, inkuiri terbimbing, validitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh LKPD berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing  pada materi pokok Gerak Parabola berbantuan aplikasi Phet Simulations, untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan LKPD berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok Gerak Parabola berbantuan aplikasi Phet Simulations dilihat dari validitasnnya Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yaitu SAM 1 (Successive Approximation Model). Successive Approximation Model. SAM merupakan  model pengembangan tangkas yang dibuat oleh Michael Allen dan Richard Sites dengan tahapan evaluasi, desain, pengembangan secara iteratif sampai menemukan LKPD yang akan divalidasi. Validasi LKPD dilakukan di SMA-TQ Muadz Bin Jabal. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi berupa angket pernyataan yang akan diisi oleh validator, dalam menilai LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai indeks Aiken untuk aspek teknis 0,86, aspek konstruk 0,84, aspek didaktik 0,90 dan aspek isi 0,86 dan nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh telah memenuhi ketentuan inter ovserver agreement yaitu aspek teknis 75%, aspek konstruk 78,47 %, aspek didaktik 86,42%, dan aspek isi 79,63 % sudah memenuhi kategori reliabel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires.

Allen, Michael & Richard Sites. (2012). Leaving ADDIE for SAM. United States: the American Society for Training & Development.

Ananda, A. N., Muhfahroyin, M., & Asih, T. (2021). Pengembangan E-LKPD Disertai Komik Berbasis Guided Inquiry di SMA Negeri 1 Sekampung. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 195-201. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4448

Annafi, N., Ashadi, A., & Mulyani, S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Inkuiri, 4(3), 21-28.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.

Borich, G. D. (1994). Observation skills for effective teaching. New York.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26-40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).

Muskita, M., & Subali, B. (2020). Effects of Worksheets Base the Levels of Inquiry in Improving Critical and Creative Thinking. International Journal of Instruction, 13(2), 519-532.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas ii di sd muhammadiyah danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913.

Ramlawati, R., Liliasari, L., Martoprawiro, M. A., & Wulan, A. R. (2014). The Effect of Electronic Portfolio Assessment Model to Increase of Students’ Generic Science Skills in Practical Inorganic Chemistry. Journal of Education and Learning (EduLearn), 8(3), 179-186. https://doi.org/10.11591/edulearn.v8i3.260

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Kreano, 3(1).

Widjajanti,E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah disampaikan dalam Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK di Ruang Sidang Kimia FMIPA UNY.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Rizky, M., Galib, L. M., & Takda, A. (2023). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pokok Gerak Parabola Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Phet Simulations. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 262–269. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.96