Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Kabawo Menggunakan Penerapan Model CinQASE Berbantuan Media Berbasis Animaker pada Materi Pokok Gelombang Bunyi

Authors

  • Wa Ode Sakinah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Hunaidah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Erniwati Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.97

Keywords:

Model pembelajaran cinQASE, media berbasis animaker, hasil belajar, gelombang bunyi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran aktivitas belajar siswa kelas XI MIA3  SMAN 1 Kabawo yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CinQASE berbantuan media animaker pada materi pokok gelombang bunyi; (2) mengetahui ketuntasan belajar fisika siswa kelas XI MIA3 SMAN 1 Kabawo yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CinQASE berbantuan media animaker pada materi gelombang bunyi; dan (3) Mengetahui bahwa model pembelajaran CinQASE berbantuan media animaker dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA3 SMAN 1 Kabawo pada materi pokok gelombang bunyi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi dan evaluasi; dan (4) refleksi. Skripsi penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CinQASE berbantuan media animaker pada siklus I diperoleh skor mulai dari 2,00 sampai dengan 3,00 dengan skor rata-rata sebesar 2,7 yang berkategori baik dan pada siklus II skor mulai dari 3,00 sampai dengan 4,00 dengan kategori sangat baik; (2) hasil belajar siswa kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Kabawo yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CinQASE berbantuan media animaker diperoleh: pada siklus I skor mulai dari 56,52 sampai 93,47 dengan skor rata-rata sebesar 72,554 dan pada siklus II diperoleh skor mulai dari 69,56 sampai 97,82 dengan skor rata-rata sebesar 82,065; dan (3) hasil belajar siswa kelas XI MIA3 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran CinQASE berbantuan media animaker pada materi pokok gelombang bunyi. Hal ini ditunjukkan oleh skor yang diperoleh setiap individu maupun secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II; dimana pada siklus I, persentase siswa yang sudah tuntas sebesar 56,25% dan pada siklus II, persentase siswa yang sudah tuntas sebesar 84,47%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, R., Lia, Y dan Eny, L. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(2):44-56

Bima, Albert. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Efek Doppler Melalui TS-TS Siswa Kelas XI TKJ.1 SMK Negeri 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 25(2):142-151

Erina, R dan Heru, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Instad Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan MIA, 1(2):202-211

Farajuddin. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi MMIA-1 pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Di SMA Negeri 1 Glumpang Baro. Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH) 5(1):74-79

Firdaus, H., Cucu, A dan Yayat Ruhiat. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha. ISSN: 2614-1876, 9(2):103-104

Hunaidah, M., Endang, S., Wasis dan Muhammad, A.M. (2022). Model Pembelajaran CinQASE. CV Global Aksara Pers, Surabaya.

Hunaidah, M., La Sahara., Husein., Vivi H. R. (2022). Pengembangan E-Modul Model Pembelajaran CinQASE Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan. ISSN 2548-8848, 6(1):137-150

Jannah., Alex, H dan Yushardi. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pokok Bahasan Gelombang bunyi Terhadap Hasil Belajar Sisw a SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika 8(2):66

Nisaq, A. R dan Muhammad A. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Bank Sentral. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Sosial. ISSN: 2086-6135, 10(2): 150-169

Rahim, F.R., Dea, S.S dan Murtani. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) (2):133-141

Samfitri, JR., Siti, D.M dan Indra, G. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Pelajaran Matematika SDN 11 Merapi Barat. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar 8(2): 121-136

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Sakinah, W. O., Hunaidah, & Erniwati. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Kabawo Menggunakan Penerapan Model CinQASE Berbantuan Media Berbasis Animaker pada Materi Pokok Gelombang Bunyi. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 270–278. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.97