Pengembangan Materi Ajar Listrik Statis Interaktif Video Wondershare Filmora pada Siswa SMAN 1 Motui untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar

Authors

  • Hendra Abidin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Tahang Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Husein Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.98

Keywords:

Materi ajar, listrik statis, interaktif video, aplikasi filmora, model pengembangan 4D

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara mengajar guru yang mayoritas menggunakan metode pembelajaran ceramah, diskusi kelompok, penugasan dan mengandalkan buku paket atau LKS untuk melaksanakan pembelajaran sehingga dibutuhkan suatu media pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam memahami pelajaran dalam bentuk gambar, animasi dan teks. Penelitian ini bertujuan bagaimana mengembangan materi ajar listrik statis interaktif video dengan menggunakan aplikasi filmora, mengetahui sejauh mana tingkat kevalidan, kepraktisan dan efektivitas media yang telah dibuat. Metode menggunakan R & D (research and development) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 1 Motui kelas XII Mia dengan jumlah siswa 15 orang. Kepraktisan materi ajar listrik statis interaktif video dilihat dari penilaian keterlaksanaan pembelajaran, respon guru dan peserta didik dengan menggunakan kuisioner keterlaksanaan pembelajaran, kuisioner guru dan kuisioner peserta didik. Keefektifan materi ajar listrik statis interaktif video dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik yang terdiri atas soal pretest dan posttest serta peningkatan nilai motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskripif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan materi ajar listrik statis interaktif video menggunakan aplikasi filmora yang telah dikembangkan dinyatakan layak dengan kevalidan sebesar 0,81 dengan kategori validitas sangat baik. Hasil kepraktisan materi ajar listrik statis interaktif video dari rata-rata yang diperoleh dari respons guru sebesar 3,15 dengan kategori sangat baik dan respons peserta didik sebesar 84,56% dengan kategoi sangat baik. Hasil keefektifan materi ajar listrik statis interaktif video dari rata-rata yang diperoleh dari nilai peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,60 dengan kategori sedang, serta peningkatan motivasi belajar peserta didik sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka materi ajar listrik statis interaktif video menggunakan aplikasi filmora yang dikembangkan layak dan sudah memenuhi kriteri valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., & , Hudaya, Adeng, Dinda, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal Of Education, 67(10), 48–61. https://doi.org/10.5604/01.3001.0016.0659

Aiken, L.R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955-959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419

Asiah. M. (2018). Mengenal Filmora, Aplikasi Video Editing yang Ringan dan Powerfu. [Online].Tersedia:https://www.luwungdesain.com/2018/03/mengenalfilmora-aplikasi-video-editing.html [18 Februari 2020]

Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Guru Pemula SMP-SMA. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149. https://doi.org/10.22373/jid.v12i1.444

Gronlund, N.E. (1976). Measurement and evaluation in teaching. New York: Macmillan Publishing Co.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Measurement and Research Methodologi.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). Jurnal Mikrotik. Volume 2.

Melati, R. (2016). Pengenbangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Paradigma Padagogi Relatif yang Mengakomodasi Group Investigasion di Kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Yogyakarta.

Nieveen, N.M. (1999). Prototyping to reach productquality. In J. van den Akker, R. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen & T. Plomp (Eds.) Design approaches and tools in education and training (pp. 125–136). Dordrecht, The Netherlands: Kluwer AcademicPublishers.

Oetomo, B.S.D dan Jarot Priyogutomo. (2004). Kajian Terhadap Model e-Media dalam Pembangunan Sistem e-Education, Makalah Seminar Nasional Informarika di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada 21 Februari 2004.

Ramadhani, L; Fajriyah, K. ; R. (2020). Pengembangan Media Video MAJUDDA (Tema Wujud Benda) Berbasis Model Pembelajaran. Dimensi Pendidikan Universitas PGRI Semarang, 17(3), 29–39.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Ridhona, Rizqi. (2020). Desain dan Uji Coba Video Pembelajaran Dengan Bantuan Software Wondershare Filmora pada Materi Asam Basa. Skripsi. Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian. Bandun: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Saputra, W., & Purnama, B. E. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata kuliah organisasi komputer. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(2). http://dx.doi.org/10.3112/speed.v4i2.865

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsono, Y. (2014). Validitas dan reliabilitas skala self-efficacy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 144-151. https://doi.org/10.22219/jipt.v2i1.1776

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter tanggung jawab siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Yunita, E., & Suprapto, N. (2021). Analisis kelayakan video pembelajaran fisika berbasis platform YouTube pada materi Usaha dan Energi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 21-31. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p21-31

Yusuf, A. Z. A., Faelasofi, R., & Rahayu, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Wondershare Filmora Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 615-624. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.8232

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Abidin, H., Tahang, L., & Husein. (2023). Pengembangan Materi Ajar Listrik Statis Interaktif Video Wondershare Filmora pada Siswa SMAN 1 Motui untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 279–289. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.98